Sunday, December 29, 2013

usaha-event-management

Sedang memikirkan tentang memulai sebuah usaha event? Mungkin Anda sudah bekerja di industri event dan berpikir bekerja untuk diri Anda sendiri. Atau mungkin Anda mengatur pertemuan di masa lalu dan merasakannya sebagai gairah hidup Anda. Kedua hal tersebut adalah alasan yang tepat untuk sebuah menperoleh profesi itu.

Memulai sebuah usaha event sama halnya dengan memulai sebuah hubungan – dibutuhkan keahlian yang sesuai dan mengikuti beberapa langkah untuk mencapai kesuksesan.

Tambahkan Keahlian Pengelolaan Event dan Pengalaman

Menilai sebuah kesuksesan berdasarkan pada penguasaan pengelolaan event yang kuat, kemantapan keahlian  dan pengalaman :

  • Komunikasi tertulis dan verbal
  • Pengelolaan organisasi dan waktu
  • Pengelolaan anggaran dan negosiasi
  • Pemasaran, humas, dan hal lainnya.
  • Tentukan Pengelolaan Pemasaran Anda

Misalnya, Anda telah bekerja di industri event selama beberapa tahun, mengetahui apa yang ada di dalam dan di luar dan berani untuk mengkoordinir semua jenis event, mulai dari pernikahan hingga festival.

Tunggu dulu. Ini adalah kesalahan yang biasa pengelola lakukan. Pertama, orang-orang memiliki tingkatan energi dan kemampuan yang berbeda-beda. Dan, seseorang tidak bisa menjadi paling ahli untuk segala hal. Kenali bahwa ada perbedaan yang khusus antara perusahaan badan hukum, asosiasi, nonprofit dan event sosial. Tentukan pasaran Anda sesuai dengan hal tersebut. Lebih mudah berkonsentrasi pada bidang tertentu dan menjadi seorang profesional.

Bangunlah Rencana Usaha

Suatu waktu seseorang berkata, “Jika Anda gagal berencana, Anda harus rencanakan kegagalan.” Seperti hal lainnya, memulai sebuah usaha pengelolaan event membutuhkan sebuah perencanaan usaha. Ada beberapa sumber yang dapat membantu Anda, Google misalnya. Anda bisa mencari bahan-bahan tulisan mengenai perencanaan usaha.

Dapatkan Asuransi Usaha

Asuransi usaha dianjurkan. Usaha Event Management harus mengamankan pertanggungjawaban umum dan bentuk-bentuk lain dari asuransi untuk melindungi kepentingan pemilik usaha.

Ada beberapa bentuk asuransi. Konsultasikan pada seorang penasehat asuransi untuk mengenal persyaratannya.

Bangunlah Jaringan Para Supplier dan Sumber Daya Kepegawaian

Para pengelola event biasanya bekerja dengan sebuah wilayah yang luas dari para supplier – konsultan komunikasi, perancang alat tulis kantor, distributor produk promosi, penyedia jasa sewa pesta, penyedia catering, penjual bunga, fotografer, dan lain-lain. Anda juga akan membutuhkan sumber daya pegawai, untuk penjualan, pemasaran, pembukuan, dan fungsi-fungsi administratif. Adalah sangat penting untuk mendirikan sebuah infrastruktur yang akan mendukung event-event Anda dari segala sisi.

Dirikan Susunan Pembiayaan Anda

Anda harus sadar terhadap beberapa cara untuk mengatasi pembelanjaan dan menghasilkan keuntungan yang pantas. Urusan yang paling banyak dilakukan para pengelola event adalah berdasarkan hal-hal berikut :

  • Ongkos yang merata
  • Tarip per jam
  • Persentase Pembelanjaan
  • Persentase Pembelanjaan plus Tarif per jam
  • Tarip berdasarkan tugas
  • Perkembangan dan Pemasaran Usaha

Dengan perencanaan usaha yang telah disiapkan, bangunlah susunan pembiayaan dan tentukan pasaran pengelola event, waktunya untuk mulai mengerjakan bahan-bahan pemasaran. Pilihlah nama yang tepat untuk usaha Anda; buatlah kartu usaha, alat-alat tulis kantor, proposal, perjanjian klien, dan sebuah situs internet.

*********

Kami menyediakan Software Event Attendance System atau Sistem Registrasi Undangan yang bisa digunakan pada berbagai macam event seperti event product launching, event seminar, event gala dinner, event konser musik, resepsi pernikahan dan berbagai event lainnya. Software Event Attendance System yang kami kembangkan menggunakan teknologi Barcode untuk memaksimalkan kinerja dari sistem tersebut.

Event Attendance System sendiri terdiri dari Software Registrasi Undangan, Barcode Printer, Barcode Scanner, Barcode Printer dan Plasma TV. Apabila Anda belum memiliki aspek pendukung diatas jangan khawatir kami menyediakan jasa penyewaan Event Attendance System sehingga Anda tidak perlu repot menyediakan aspek pendukung diatas, mulai dari Hardware, Software sampai ke Human Resources nya kami sediakan.

Untuk informasi lengkap mengenai Jasa Sewa Event Attendance System dapat menghubungi Kami melalui :

Contact Person : Ibu Rindu Hermawati
Phone / SMS     : 021-97540509
Fax                   : 021-87708561
e-mail               : rindu@aldhiya.com
BBM                 : 315CF8E9